WEBINAR INTERNASIONAL “Potential Innovation to Fight Covid-19 Pandemic : Diagnostic and Treatment”

 

WEBINAR INTERNASIONAL

“Potential Innovation to Fight Covid-19 Pandemic : Diagnostic and Treatment”

Civitas academica Prodi Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners menyambut gembira digelarnya kegiatan Web Seminar Internasional yang merupakan kerjasama antara UMKT dan Institute of  Nano Electronic Engineering Universiti Malaysia Perlis (UniMAP). Web Seminar Internasional bertajuk“Potential Innovation to Fight Covid-19 Pandemic : Diagnostic and Treatment ini dilaksanakan pada hari Selasa 15 September 2020 secara daring melalui aplikasi zoo m meeting dan live streaming di kanal Youtube, yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam dan diikuti oleh 300 peserta ZOOM + Live Streaming Youtube (Unlimited).

Opening speech oleh Sekretaris Universitas Bidang Riset dan Publikasi Waluyo Adi Siswanto, Ph.D, dan selaku Pembicara utama dalam Web Seminar International ini Prof. Ts. Dr. Uda Hashim dari Institute of  Nano Electronic Engineering Universiti Malaysia Perlis (UniMAP), yang memaparkan Inovasi penelitian berbasis IT(biosensor) yang mengubah reaksi biologis menjadi sinyal listrik sehingga dapat mendeteksi lebih awalgejala Covid-19 dengan akurasi yang sangat sensitif, selektif dan cepat.  Harapannya hasil penelitian ini akan bermanfaat bagi masyarakat dunia sehingga angka kesakitan dan kematian dapat ditekan dengan cepat.

    

Melalui tulisan abstraknya Dekan Fakultas Kesehatan dan Farmasi Ghozali, MH., PhD mengatakan bahwa salah satu upaya dalam membatasi penyebaran dan mengurangi tingkat kematian akibat Covid-19 yaitu dengan pemanfaatan teknologi digital dan mengintegrasikannya ke dalam kebijakan dan layanan kesehatan. Dalam dua dekade terakhir pemanfaatan teknologi digital digunakan untuk memberikan gambaran epidemiologi penyakit yaitu dalam bentuk surveilans epidemiologi, sistem pelaporan online berbasis web, media sosial dan pencarian online. Adapula teknologi digital yang di desain untuk mendeteksi gejala dengan cepat yaitu aplikasi pelaporan gejala secara online, sensor gejala demam, dan sebagainya, beliau menambahkan pula bahwa dibutuhkan strategi komunikasi yang tepat,terutama untuk membangkitkan partisipasi aktif masyarakat dalam program pemerintah untuk memberantas Covid-19.

    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

fifteen + three =