SOSIALISASI PENGEMBANGAN PEMIKIRAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DALAM PENDIDIKAN ISLAM

 

Setiap kegiatan ilmiah memerlukan suatu perencanaan dan organisasi yang dilaksanakan secara sistematis dan terstruktur. Demikian juga pendidikan, diperlukan adanya program terencana yang dapat menghantar proses pendidikan sampai pada tujuan yang diinginkan.

Melalui proses pengembangan kurikulummahasiswa diharapkan dapat  menguasai sistem pembelajaran yang telah diajarkan. Sehingga ketika terjun ke dalam masyarakat, nantinya diharapkan mahasiswa mempunyai kecakapan hidup. Dengan kecakapan hidup yang dimiliki maka diharapkan problem yang ada dalam masyarakat dapat teratasi dengan baik.

 

                    

 

(Selasa, 24 September 2019)-Sekretaris lembaga AIK MKDU UMKT, Bapak Ns. Fitroh Asriyadi, M. Kep menyampaikan  bahwa dalam kehidupan keseharian manusia akan selalu dihadapkan pada problema kehidupan yang harus dicari solusinya dengan menggunakan berbagai sarana dan situasi yang dapat dimanfaatkan . Kemampuan seperti itulah yang merupakan salah satu inti kecakapan hidup (life skill). Artinya kecakapan yang selalu diperlukan oleh seseorang di manapun ia berada, baik bekerja atau tidak bekerja apapun profesinya. Maka dari itu lembaga AIK MKDU UMKT membuat aplikasi life skill dan mensosialisasikan aplikasi tersebut yang bertujuan :

1. Sebagai akomodasi aktivitas pengembangan diri mahasiswa UMKT dalam kerangka kurikulum di UMKT yang merupakan akumulasi penilaian berupa pemberian kredit poin untuk setiap aktivitas yang diikuti

2. Sebagai kegiatan yang bersifat wajib dan kegiatan mata kuliah tambahan

3. Keterlibatan dosen pembimbing akademik, dosen di lingkungan UMKT yang ditunjuk oleh prodi dan ditetapkan oleh SK untuk memantau, memverifikasi laporan pencapaian kredit poin aktivitas mahasiswa dan memberikan nilai akhir sesuai dengan capaian kredit poin yang diperoleh.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

eighteen − twelve =