WORKSHOP HIMIKA TANGGAP DARURAT BENCANA TAHUN 2019 di UMKT

Bencana alam merupakan peristiwa alam yang mengakibatkan kerusakan alam yang berdampak kepada populasi manusia. Bencana alam yang umum terjadi seperti banjir, longsor hingga gempa bumi dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Kondisi Kalimantan Timur secara empiris dapat dilihat dengan perubahan kondisi biogeofisik alam, pemanasan global dan perubahan iklim, degradasi sumber daya alam dan lingkungan menimbulkan berbagai fenomena alam yang memicu terjadinya bencana, seperti El Nino yang menyebabkan kekeringan/kemarau panjang, kebakaran hutan dan lahan serta gangguan asap; La Nina yang menyebabkan curah hujan melebihi normal sehingga menimbulkan bencana banjir dan tanah longsor dan dampak-dampak lain yang ditimbulkannya, seperti kerawanan pangan, timbulnya hama dan penyakit.

 

Dalam acara ini HIMIKA Fakultas Kesehatan dan Farmasi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur mengadakan kegiatan workshop dengan tema Tanggap Darurat Bencana Menuju KALTIM Siap Siaga yang berlangsung pada hari Minggu, 17 Maret 2019 dengan mengundang sejumlah narasumber yang sudah ahli di bidangnya, untuk mengisi materi sebagai bekal para mahasiswa untuk tanggap dalam menghadapi bencana alam, narasumber tersebut yaitu Nurmala Mamnunia, S. Kep., M. Si (Han) (BPBD Provinsi KALTIM), Ns. Maridi Marsan Dirdjo, M. Kep (Dosen UMKT, Sekretaris MDMC KALTIM, Relawan Kesehatan Bencana), dan Ns. Taharuddin, M. Kep (Dosen UMKT, Owner Klinik Rumah Perawatan Luka Borneo).

 

Peserta yang mengikuti workshop ini, tidak hanya dibekali pengetahuan mengenai penanggulangan bencana di bidang pendidikan, namun peserta juga diajak melakukan simulasi tindakan apa yang harus dilakukan pada saat gempa terjadi.

 

 

 

 

 

Diharapkan setelah mengikuti workshop ini, peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat menerapkan ilmu penanggulangan bencana alam yang didapat jika terjadi bencana alam terhadap lingkungan di sekitar mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

two × 5 =